Manfaat Jambu Biji, Diperoleh dari Buah Sampai Daunnya

 

Jambu biji menjadi salah satu buah primadona yang sering kali dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia. Apabila ada seseorang yang terkena penyakit demam berdarah, buah yang satu ini memang selalu menjadi menu yang direkomendasikan untuk diberikan. Namun sebenarnya masih banyak manfaat yang terkandung pada jambu mulai dari daun sampai hingga buahnya. Apa saja itu? Yuk kita ulas bersama.

Buah yang memiliki nama latin Psidium Guajava ini sebenarnya tumbuh dan dikembangkan di benua Amerika. Memiliki ciri warna hijau kekuningan dan bagian daging buah berwarna merah atau putih. Biji buah di bagian tengah memiliki ukuran kecil – kecil dan terasa manis. Dan sangat cocok dijadikan jus karena memiliki warna khas berwarna merah.

Di dalam setiap jambu biji terdapat beberapa kandungan gizi yang cocok untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Menurut penelitian, di dalam 100 gram jambu biji terdapat kandungan:

  • Thiamin (Vitamin B1): 0,02 mg
  • Beta karoten: 27 mcg
  • Vitamin C: 87 mg
  • Seng (zinc): 0,3 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,03 mg
  • Natrium: 10 mg
  • Niasin: 0,8 mg
  • Serat: 2,4 gram
  • Protein: 0,9 gram
  • Kalsium: 14 mg
  • Zat besi: 1,1 mg
  • Tembaga: 0,02 mg
  • Energi: 49 kal
  • Air: 86 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Fosfor: 28 mg

Bukan hanya kaya akan nutrisi seperti penjelasan di atas, di dalam buah jambu biji juga mengandung vitamin A serta folat. Pemberi warna merah dalam jambu didapatkan dari kandungan karoten pada biji dan senyawa likopen. Manfaat yang dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi jambu biji seperti berikut ini.

5 Manfaat Jambu Biji

1. Meningkatkan Sistem Imun

Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Bahkan penelitian membuktikan jika kandungannya 4 kali lebih besar dibandingkan dengan buah jeruk. Senyawa antioksidan tersebut tentu saja sangat dibutuhkan tubuh untuk memperkuat imunitas. Senyawa tersebut juga sangat bagus untuk meregenerasi sel dan jaringan yang diserang radikal bebas atau virus.

2. Mampu Meredakan Flu

Jambu biji juga bisa digunakan untuk meredakan penyakit flu dan batuk. Antioksidan yang ada di dalamnya sangat bagus untuk memecah lendir ketika seseorang yang sedang mengalami flu atau gejala batuk. Peradangan pada tenggorokan juga dapat diobati dengan mengkonsumsi teh berbahan dari daun jambu biji.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Jambu biji memiliki kandungan serat yang bagus untuk organ sistem pencernaan manusia. Satu buah saja sudah mengandung sekitar 12% serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita selama seharian penuh.  Apabila seseorang terkena penyakit diare atau sembelit, mengkonsumsi jambu biji juga dapat mengurangi penyakit tersebut.

4. Mampu Melawan Kanker

Tumbuhan yang bisa dimanfaatkan keseluruhan dari daun sampai buahnya tersebut, juga memiliki khasiat untuk melawan sel kanker. Sejumlah penyakit kanker seperti kanker usus besar, kanker darah, melanoma, kanker prostat dapat diatasi dengan mengkonsumsi jambu biji secara rutin. Kandungan antioksidan dan anti kanker sangat bagus untuk melawan kanker yang telah menyebar.

5. Meredakan Stres

Bagi para pekerja yang membutuhkan obat untuk menurunkan stres, mengkonsumsi jambu biji juga menjadi salah satu alternatif. Kandungan magnesium yang terdapat pada buahnya mampu mengendurkan syaraf ketika dalam kondisi. Selain itu juga bisa digunakan untuk meningkatkan daya ingat ketika seseorang sudah mulai berumur tua.

Itulah beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan dari jambu biji. Untuk mendapatkan jambu biji dengan kualitas terbaik dan segar langsung dari petani Anda dapat membelinya di TaniHub.

Tak hanya jambu biji, di platform ini Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam kebutuhan sayur dan buah yang tentunya fresh karena dipanen langsung dari petani. Saat ini TaniHub juga memberikan layanan berupa pengiriman sayur ke kota Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Bali dan akan terus ekspansi ke kota – kota besar Indonesia lainnya.

Untuk berbelanja di TaniHub, cukup mengakses websitenya di https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Play Store atau Apple Store. Mudah bukan?