Begini Cara Lelang Mudah di IBID, Semua Pasti Bisa

Buat kamu yang ingin menjual mobil bekas tapi tidak tahu caranya, kini IBID telah hadir sebagai balai lelang terpercaya di Indonesia. Jika belum tahu, Balai Lelang Serasi (IBID) adalah jasa lelang produk otomotif dan barang non otomotif seperti gadget, HVE/alat berat, dan scrap. Sejak 2007, IBID menjadi solusi channel pemasaran untuk mitra perusahaan maupun perseorangan.

Siapapun dapat menjadi peserta lelang, mulai dari pembelian skala besar perusahaan maupun pembelian unit satuan. Setiap minggunya, IBID menyelenggarakan lelang reguler di lebih dari 10 kota. Hingga saat ini, IBID telah menggelar balai lelang hingga mencapai 30 kota besar di Indonesia.

Sebagai balai lelang naungan Grup Astra, IBID terus melakukan inovasi terbaru dari segi proses, pelayanan hingga objek lelang. Terlebih dengan perkembangan teknologi yang telah menyentuh seluruh lapisan masyarakat, kegiatan lelang semakin terakomodir berkat hadirnya layanan IBID.

Khususnya sejak pandemi melanda dunia tak terkecuali Indonesia, banyak orang terpaksa melakukan segala sesuatu dengan cara online. Termasuk dalam akses jual beli lelang mobil. Di IBID, anda tidak perlu kesulitan beradaptasi dengan mekanisme lelang berbasis online. Sebab balai lelang ini telah memudahkan pelanggannya dengan teknologi digital.

Cara Ikut Lelang di IBID

Untuk mencoba layanan IBID, anda bisa mengunjungi website resmi IBID di www.ibid.astra.co.id yang selalu diperbarui tampilannya. Bisa juga dengan mengunduh aplikasi IBID di Google Play Store maupun App Store. Adanya pembaruan ini membuat anda yang ingin ikut lelang menjadi lebih mudah dan user-friendly.

Bila tertarik ikut lelang, anda perlu membuat akun dengan klik menu ‘DAFTAR’ di pojok kanan atas. Masukkan data diri yang diminta seperti nama dan email. Bisa juga membuat akun dengan media sosial seperti Facebook, Google, Linkedin, dan Twitter. Setelah itu, lengkapi data pribadi meliputi:

  • Edit profil.
  • Isi nomor rekening bank. Ini berfungsi untuk merefund uang NPL jika belum menang lelang.
  • Foto e-KTP sebagai syarat membeli NPL.
  • Aktifkan PIN untuk keamanan akses akun.

Bagi anda yang belum pernah mengikuti lelang sebelumnya, IBID menyediakan 3 tipe lelang yaitu Live Auction, Timed Auction, dan Flash Auction. Live Auction adalah lelang real-time online maupun secara langsung di lokasi jadwal lelang.

Sementara Timed Auction dan Flash Auction merupakan metode lelang berjangka waktu. Dimana Timed Auction berlangsung secara eksklusif dalam satu hingga beberapa hari ke depan, sedangkan yang membedakannya dengan Flash Auction adalah jadwal lelang berdurasi singkat. Namun keduanya tersedia hanya melalui aplikasi IBID.

Agar tidak ketinggalan, anda bisa mengecek jadwal lelang terlebih dulu baru melihat objek barang yang IBID hadirkan. Catat jadwal dan tipe lelangnya agar tidak ketinggalan barang incaran. Selain mudah, lelang di IBID juga bisa anda lakukan darimana saja, lho. Sambil bersantai di rumah ataupun di sela-sela waktu kerja. Menarik sekali, bukan?